You Are Here : Home »

Hukum Tulisan Arab di Dinding Rumah


Rumah yang di dindingnya tertempel tulisan arab (kaligrafi) terasa indah dipandang mata. Apabila ayat-ayat Al Quran yang tertempel di dinding dimaksudkan sebagai jimat atau tolak bala' maka hal ini tidak sesuai dengan tututan Islam. Sebagaimana sabda Rosulullah Salallahu alaihi wa Sallam : " Jangan kalian jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan. Sesungguhnya syetan itu akan lari dan menjauh dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah " (HR. Muslim).

Hadist ini mengajarkan bahwa yang ditakuti oleh syetan adalah ayat dan doa yang dibaca bukan yang ditempel di dinding.

Apa yang harus dilakukan agar rumah kita nyaman dari gangguan syetan ?
Rasulullah Salallahu alaihi wa Sallam mengajarkan agar ketika menempati rumah atau tempat baru melakukan :

  1. Membaca doa ; " A'udzu bikalimatillahittammati min syarri ma khalaq " (Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya). Rasulullah bersabda : "barangsiapa menempati suatu tempat kemudian membaca " A'udzu bikalimatillahittammati min syarri ma khalaq " maka tidak ada sesuatu apapun yang membahayakannya sampai ia meninggalkan tempat itu. (HR. Muslim)
  2. Membaca salam ketika mau masuk rumah. " Maka apabila kamu memasuki rumah hendaklah kamu memberi salam kepada penghuninya (yang bearti memberi salam kepada dirimu sendiri) , salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. " (Quran An-Nur : 61)
  3. Berzikir. Nabi bersabda "Jika seseorang memasuki rumahnya dengan menyebut nama Allah dan menyebut nama Allah ketika makan, maka syetan berkata : " Tidak ada tempat bermalam dan tidak ada makan buat kalian". Dan jika ia tidak menyebut nama Allah ketika memasuki rumahnya, syetan berkata, "Kalian mendapatkan tempat menginap." Dan jika ia tidak menyebut nama Allah ketika makan, syetan berkata, " Kalian mendapat tempat bermalam dan mendapat makan malam." (HR. Muslim)
  4. Membersihkan rumah dari patung-patung. Abu Tallah berkata, " Nabi Salallahu alaihi wa Sallam, bersabda ; " Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar patung-patung ".
  5. Membersihkan rumah dari anjing.
  6. Memperbanyak sholat sunnah di dalam rumah. "Jadikanlah sebagian sholat-mu di rumahmu, dan jangan kamu jadikan rumahmu seperti kuburan." (HR. Muttafaq'alaih).
Apakah selama ini kita melakukan sebagaimana yang di perintahkan Allah dan Rasul-Nya ?
Atau masih menggunakan ayat-ayat Al Quran sebagai jimat penolak bala ?

Saatnya membersihkan hal itu dan mulai kembali ke Al Quran dan Hadist.

About The Author

alHaudh

Arek Jombang

No comments:

Leave a Reply

2012 Goodnews. All Rights Reserved. Theme By Momizat Team ~ Converted by alhaudh

Scroll to top